Blog Detail

Think Tank Maritim 16.03.2017

16 Mar 17
admin
No Comments

*NUSANTARA INITIATIVE*
_Think Tank Maritim_
16.03.2017

1⃣ Pemerintah telah menyiapkan 13 titik yang akan direncanakan sebagai Rumah Kita atau gudang yang menampung logistik untuk mendukung program tol laut, guna menstabilkan harga. 13 titik tersebut, di antaranya Nias, Mentawai, Natuna, Sanggate, Dompu, Waingapu, Rote, Kalabahi, Tahuna, Namlea, Saumlaki, Manokwari dan Timika.

2⃣ Indonesia memiliki 111 pulau terluar berdasarkan Koordinat Geografis Titik-Titik Garis Pangkal Kepulauan Indonesia, yang baru saja ditetapkan melalui Kepres 6/2017. Hal ini sejalan dengan percepatan program Pembangunan Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (PSKPT) di 12 kab/kota terluar Indonesia.

3⃣ Pemerintah akan menetapkan dua patokan harga garam yaitu harga batas bawah (floor price) dan batas atas (ceiling price) yang beragam di setiap sentra produksi dikarenakan nilai investasi dan produksi yang berbeda-beda. Sentra produksi garam Indonesia tersebar di Cirebon, Indramayu, Pati, Rembang, Sumenep, Pamekasan, Sampang, Bima, Jeneponto, dan Pangkep.

4⃣ Indonesia menempati posisi 3 besar dunia pengekspor ikan hias dengan potensi perdagangan mencapai US$ 65 juta, setelah Singapura dan Jepang. Tujuan utama ekspor ikan hias Indonesia adalah Amerika Serikat, Jepang, Hongkong, Austalia dan Inggris.

5⃣ Ditjen Perikanan Tangkap-KKP tahun ini menargetkan kenaikan 6% sumbangsih perikanan tangkap terhadap PDB perikanan nasional, melalui perbaikan 20 pelabuhan perikanan sebagai pusat bisnis serta peremajaan sistem kapal dengan menaruh GPS di kapal-kapal 10 GT, pengadaan 12.000 VMS baru untuk kapal diatas 30 GT, juga pemasangan CCTV di setiap pelabuhan.⁠⁠⁠⁠

Ikuti Info Maritim di *Nusantara Initiative* setiap saat melalui:
www.nusantarainitiative.com

Silahkan kontak kami melalui:
Info@nusantarainitiative.com

Leave A Comment