Blog Detail

Think Tank Poros Maritim 21.03.2017

21 Mar 17
admin
No Comments

NUSANTARA INITIATIVE

dan

POROS MARITIM INDONESIA (PORMAR)

Think Tank Poros Maritim

21.03.2017

  1. Lembaga riset untuk pasar cat kapal, TechNavio, memperkirakan bahwa pasar cat kapal dunia tumbuh pada angka Compound Annual Growth Rate (CAGR) sebesar 11,29% dalam periode tahun 2013-2018. Asia termasuk Indonesia disebut sebagai pasar paling utama untuk cat kapal di dunia, dimana galangan kapal tersebar, selain tentunya Singapore, Malaysia, Thailand, Vietnam, Korea, China dan Jepang. Data menunjukkan pendapatan untuk pekerjaan pengecatan dan perlindungan konstruksi kapal (pada salah satu perusahaan cat terkemuka) bisa meningkat 15% yaitu sekitar €418 juta (Rp. 5,978 trilliun).
  2. Berdasar kajian terbaru, total potensi indikatif lahan budidaya laut mencapai ± 12 juta hektar, dimana total luas pemanfaatannya baru mencapai ± 285.527 hektar atau sekitar 2,36%, dengan capaian volume produksi budidaya laut hingga akhir 2016 mencapai ± 11.762.420 ton atau naik 4% dari tahun sebelumnya. KKP mendorong pengembangan budidaya laut lepas pantai, atau KJA offshore seperti di Norwegia, yang diharapkan akan mampu menggenjot produksi kakap putih secara signifikan. Fokus percontohan KKP di 3 kawasan strategis yaitu Kepulauan Karimunjawa, Pangandaran dan Kota Sabang, dengan pengelolaannya akan menggandeng Perum Perindo.
  3. Giant sea wall yang masuk dalam konsep kawasan National Capital Integrated Coastal Development (NCICD) untuk mengantisipasi Jakarta yang diprediksi tenggelam pada 2050, terdiri dari 3 tahap. Pertama, yaitu penguatan garis pantai Jakarta sudah dimulai pada tahun 2014-2018, mencakup penguatan tanggul dan pemasangan stasiun pompa, dengan total investasi mencapai US$ 1,9 miliar. Kedua, pembangunan tanggul laut luar dan reklamasi laut (pulau buatan) seluas 1.250 hektar hingga 4.000 hektar pada periode 2018-2022, juga akan dikembangkan jalan tol dari Tangerang dan Bekasi, termasuk pembangunan Mass Rapid Transit (MRT) dari pusat kota ke Jakarta, pembangunan stasiun pompa, pintu air, pemindahan jaringan pipa, restorasi hutan bakau dengan perkiraan biaya US$ 4,8 miliar. Ketiga, pembangunan tanggul luar di sisi timur Jakarta.
  4. Pemerintah, cg KKP telah menggelar pelatihan dan pendidikan bersama dalam The International Fishforce Academy of Indonesia (IFFAI) dari unsur TNI, Polri, kementerian, dan Satgas 115, agar dapat meningkatkan sinergi dan koordinasi yang jauh lebih baik dalam rangka menangani kejahatan yang terkait sektor perikanan/illegal fishing.
  5. Konflik pemanfaatan wilayah perairan di 34 provinsi di Indonesia dapat segera teratasi jika Perda RZWP3K telah ditetapkan. Pemerintah menargetkan, jika semua berjalan sesuai dengan rencana, maka semua bisa selesai di tahun 2019.

 

kuti Info Maritim di Nusantara Initiative setiap hari melalui:

www.nusantarainitiative.com

Silahkan kontak kami melalui:

Info@nusantarainitiative.com

Leave A Comment