Monthly Archives:February 2015

Sampai Dimana B20?

26 Feb 15
admin
No Comments

b20

Kebijakan Pemanfaatan Bahan Bakar Nabati (biodiesel), telah berjalan hampir 1 dekade. Sesuai Instruksi Presiden No. 1 Tahun 2006, Penyaluran dilakukan oleh 500 SPBU (Jakarta, Surabaya, Malang dan Denpasar). Tahun 2008, Pemerintah melalui Peraturan Menteri ESDM No. 32 Tahun 2008 mengatur Penyediaan, Pemanfaatan, dan Tata Niaga Bahan Bakar Nabati (Biofuel) sebagai Bahan Bakar Lain. Selanjutnya Pemerintah memberlakukan kebijakan mandatori pemanfaatan BBN pada sektor transportasi, industri dan pembangkit listrik.

Read More…

Asosiasi Pengusaha Bauksit – Bijih Besi Kritisi Kebijakan Smelter

16 Feb 15
admin
No Comments

smelting-method

Hingga saat ini pembangunan pabrik pengolahan dan pemurnian (smelter) masih belum banyak mengalami perkembangan yang signifikan. Sampai Oktober tahun lalu, realisasi investasinya baru mencapai US$ 5 miliar atau 28,5 persen dari total rencana investasi pembangunan smelter sebesar US$ 17,5 miliar. Jumlah tersebut masih jauh dari harapan bahwa smelter akan memberikan nilai tambah dan pendapatan negara.

Di sisi lain, sejalan dengan Peraturan Menteri ESDM No. 1 tahun 2014, tentang peningkatan nilai tambah mineral melalui kegiatan pengolahan dan pemurnian mineral dalam negeri, sudah banyak perusahaan tambang mineral yang terancam bangkrut dan ribuan karyawannya terpaksa diberhentikan. Permen tersebut menegaskan bahwa komoditi seperti bauksit olahan tidak bisa diekspor.

Read More…

Kembangkan Listrik Energi Terbarukan, Pertamina Gandeng Akuo Energy

12 Feb 15
admin
No Comments

module Solar cell

PT Pertamina (Persero) dan Akuo Energy hari ini menandatangani kesepakatan kerjasama untuk pengembangan energi baru dan terbarukan untuk ketenagalistrikan di wilayah Indonesia.

Penandatanganan kerjasama tersebut dilakukan oleh Direktur Energi Baru dan Terbarukan Pertamina Yenni Andayani dan CEO Akuo Energy Eric Scotto. Kerjasama akan difokuskan pada pengembangan energi angin (Wind), Solar PV, dan Ocean Thermal Energy Convertion (OTEC).

Read More…