Monthly Archives:June 2014

MENATAP MASA DEPAN ENERGI PANAS BUMI INDONESIA

23 Jun 14
admin
No Comments

panasbumi

Indonesia merupakan salah satu negara terkaya sumber daya panas bumi, potensi saat ini mencapai sekitar 29 GWe (setara dengan 40% cadangan dunia) atau setara dengan 12 milyar barel minyak bumi untuk masa pengoperasian 30 tahun. Namun pemanfaatan panas bumi untuk energi listrik pada saat ini baru mencapai 1196 MW atau hanya sekitar 4% dari potensi yang tersedia. Saat ini aktifitas pengembangan panas bumi di beberapa lapangan panas bumi terhenti karena terkendala perizinan (izin pinjam pakai kawasan hutan lindung, hutan konservasi, dan izin lokasi dari Pemerintah Daerah).

Read More…

Lelang Blok Gas Batubara Oleh Pemerintah Sepi Peminat

23 Jun 14
admin
No Comments

mtan

Jakarta -Pemerintah melalui Kementerian ESDM telah membuka penawaran blok atau wilayah kerja gas metana batubara (CBM). Ini masuk dalam wilayah kerja migas non konvensional pada 2012 dan 2013. Hasilnya, banyak yang tidak laku.

Read More…

Peluang dan Tantangan Pengembangan Energi Surya

16 Jun 14
admin
No Comments

Surya Darma (Wakil Ketua METI) membeberkan Sistim Penyediaan Energi Nasional (SISPENNAS ) saat ini yang sangat bertumpu pada energi fosil (95,61%), yang terdiri dari minyak (49,84%), gas (22,21%) dan batubara (23,56%). Sementara energi terbarukan masih kurang dimanfaatkan (kurang dari 6% saat ini).

meti

Read More…

Kebijakan Energi Terbarukan dan Tantangan di Masa Mendatang

13 Jun 14
admin
No Comments

Menurut pendiri/ketua IICE (Luluk Sumiarso), kondisi penyediaan energi saat ini didominasi oleh energi fosil yang tidak terbarukan dan bahkan disubsidi. Energi terbarukan kurang dimanfaatkan (<5% ) karena dianggap mahal, sementara penggunaan energi fosil yang berlebihan mengakibatkan meningkatnya emisi Gas Rumah Kaca yang berakibat pemananasan global dan perubahan iklim.

niet

Read More…

Limited Workshop; Prospek Pemanfaatan Energi Matahari

09 Jun 14
admin
No Comments

Workshop dilaksanakan atas kerjasama Nusantara Initiative dengan KAHMI serta mendapat sponsor dari GIZ. Pelaksanaan wokshop di KAHMI CENTER, dengan memanfaatkan teknologi infomatika, sehingga kegiatan tersebut dapat ditayangkan secara LIVE STREAMING. Hal ini dilakukan karena anggota KAHMI yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia dan juga luar negeri, diharapkan dapat melakukan updating persolan yang sedang terjadi di Indonesia. Dan para angggota KAHMI banyak yang memiliki jabatan dan posisi strategis di Indonesia, tentu memiliki kesibukan yang memaksa mereka tidak bisa hadir di dalam forum. Peran pemikiran dan ide dari seluruh anggota KAHMI diharapkan bisa menjadi solusi terhadap persoalan-persoalan yang terjadi.

workshop1

Read More…